Anwar Anwar adalah Penulis Konten SEO yang beralih karir dari latar belakang pendidikan Pemrograman Web, berspesialisasi dalam menulis topik teknis.

Cuci kaca gedung: Cara Bersihkan Kaca Gedung Betingkat

2 min read

Cuci kaca gedung Cara Bersihkan Kaca Gedung Betingkat

”The

Cuci Kaca Gedung, Bayangkan Anda sedang berlibur. Anda sedang duduk di kursi di sebuah kamar hotel, memandang ke luar jendela, dan memikirkan tentang arti hidup. Tiba-tiba, entah dari mana, Anda melihat seseorang muncul melalui kaca jendela!

Anda secara naluriah berteriak, tetapi sebelum Anda dapat meminta bantuan, Anda menyadari bahwa ini bukanlah pembunuh atau pencuri. Sebenarnya, itu hanya pembersih jendela!

Mencuci jendela adalah pekerjaan yang melelahkan dan memakan waktu, tetapi harus dilakukan secara teratur, mau atau tidak. Membersihkan jendela di rumah Anda mungkin relatif mudah, tetapi ketika Anda menggantung ratusan kaki dari tanah yang aman, itu sedikit lebih sulit.

Jadi bagaimana cara membersihkan jendela gedung pencakar langit – salah satu pekerjaan paling berbahaya di dunia – dilakukan?

Peralatan Cuci Kaca Gedung

Karena pembersih jendela harus bekerja di tempat yang sangat tinggi, mereka harus membawa berbagai peralatan dan perlengkapan saat bekerja di gedung. Peralatan pembersih jendela tipikal terdiri dari pelindung tali, tali pengaman, alat pegangan tali, mekanisme penurunan, lanyard, dan cangkir hisap. Alat ini tidak hanya melindungi pekerja dari kejadian tak terduga, tetapi juga membantu mereka membersihkan eksterior bangunan dengan cepat dan efisien.

Saat mengerjakan bagian luar bangunan, para pekerja ditambatkan ke jangkar yang dipasang di atap. Jangkar ini memastikan pekerja dapat membersihkan jendela sambil turun secara vertikal. Anda mungkin memperhatikan bahwa pembersih jendela tidak turun dengan lancar; mereka pergi ke lantai bawah berikutnya dan tampaknya “turun” satu tingkat pada satu waktu. Ketinggian jatuh (diukur dalam satu operasi pembersihan vertikal dari atap ke lantai di bawah) bervariasi tergantung pada bangunan yang dimaksud.

Pembersih Jendela di Tempat Kerja

Awalnya, pembersih biasanya berdiri di ambang jendela sambil memegang bingkai jendela sebagai penopang untuk membersihkan jendela. Mari kita bayangkan! Ini jelas bukan cara yang sangat aman untuk membersihkan jendela gedung bertingkat tinggi, jadi ikat pinggang akhirnya diperkenalkan. Tali pengikat ini dipasang pada baut jangkar, menahan pekerja dengan kuat di udara. Kemudian, perancah diperkenalkan untuk keamanan dan kenyamanan yang lebih baik.

Saat ini, ada berbagai cara membersihkan jendela sesuai kebutuhan tertentu. Jenis mekanisme kerja sepenuhnya tergantung pada bagaimana pekerjaan dilakukan. Mekanisme pencucian jendela yang paling umum adalah: kursi bosun, boom, braket, dan davit portabel.

Kursi Bosun adalah penemuan modern yang dirancang untuk mesin cuci. Hal ini memungkinkan akses ke area bangunan yang sempit sekaligus menjaga agar mesin cuci aman dalam posisi yang nyaman. Ini sangat ideal untuk kondisi pembersihan jendela jangka panjang dan khusus.

“Boom” adalah mekanik tertua dan paling banyak digunakan dalam sejarah. Ini terdiri dari perancah yang membawa banyak mesin cuci, sehingga memungkinkan kelompok bekerja secara bersamaan. Perhatikan bahwa ini adalah sistem permanen, yaitu dipasang di atap gedung untuk digunakan bila diperlukan.

“Kereta” di sisi lain adalah alternatif yang jauh lebih baik dan semakin populer akhir-akhir ini. Gerbong dipasang pada rel di atap, memungkinkannya bergerak dari sisi ke sisi pada fasad. Sama seperti Boom, ia tidak hanya dapat menampung banyak mesin cuci sekaligus, tetapi juga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan Boom dalam hal pergerakan. Davit portabel adalah mekanisme yang paling murah dari opsi ini; itu juga memungkinkan akses ke beberapa area fasad sambil membawa satu set mesin cuci.

Tentang Cuci Kaca Gedung

Tak perlu dikatakan bahwa membersihkan jendela gedung pencakar langit sangat berbeda dengan membersihkan jendela kamar atau rumah, karena alasan yang jelas. Yang Anda butuhkan untuk membersihkan atau membersihkan jendela di rumah Anda hanyalah kain, air sabun, dan sedikit tenaga. Namun, ketika Anda melakukan hal yang sama di lantai 100 sebuah gedung dengan ketinggian lebih dari setengah kilometer di atas tanah, segalanya berubah secara dramatis!

Selain itu, kondisi lingkungan di dataran tinggi sangat berbeda dengan yang Anda alami di alam liar. Misalnya, angin adalah teman yang menyenangkan saat Anda mencuci jendela di hari yang hangat dan cerah, tetapi di sisi gedung pencakar langit, angin sering mengalir dengan kecepatan yang lebih tinggi, yang sangat penting untuk dibawa oleh pembersih Untuk membersihkan peralatan Anda, Anda perlu melindungi mereka.

Ada juga risiko pertumbuhan bakteri tertentu di tempat yang tinggi. Mereka dapat mengganggu pekerja dan menyebabkan gangguan, yang tentu saja bukan hal yang baik jika Anda menggantung 100 lantai!

Seperti yang Anda lihat, membersihkan jendela bukanlah tugas yang mudah. Faktanya, itu dianggap sebagai salah satu pekerjaan terberat dan paling berbahaya di dunia. Terlepas dari semua tindakan pengamanan, pada akhirnya, semuanya bermuara pada kepanasan para pekerja yang menggantung ratusan meter di atas tanah untuk memastikan semua bangunan tinggi dan megah ini tampak hebat di bawah sinar matahari!

”The

Anwar Anwar adalah Penulis Konten SEO yang beralih karir dari latar belakang pendidikan Pemrograman Web, berspesialisasi dalam menulis topik teknis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
close
Banner iklan disini