Anwar Anwar adalah Penulis Konten SEO yang beralih karir dari latar belakang pendidikan Pemrograman Web, berspesialisasi dalam menulis topik teknis.

Apa itu rope access

2 min read

Apa itu rope access

”The

Apa itu rope access? Rope access adalah metode akses dan kerja di ketinggian yang menggunakan tali dan peralatan khusus. Metode ini memungkinkan pekerja untuk mencapai dan bekerja di area yang sulit dijangkau, seperti bangunan tinggi, struktur industri, atau lokasi terpencil. Rope access juga dikenal dengan sebutan akses vertikal atau teknik tali penjangkit.

Dalam rope access, pekerja menggunakan peralatan seperti harness (harness body), tali, ascender, descender, dan peralatan keselamatan lainnya yang terhubung dengan tali. Pekerja menggunakan tali sebagai sarana untuk naik, turun, dan bergerak horizontal di ketinggian, sambil mengamankan diri dengan peralatan keselamatan yang tepat.

Metode rope access dikembangkan untuk memungkinkan akses yang fleksibel dan efisien ke area yang sulit dijangkau. Dibandingkan dengan metode akses tradisional, seperti menggunakan scaffolding (tangga bergerak) atau kran, rope access memiliki beberapa keunggulan, termasuk penggunaan ruang yang lebih sedikit, biaya yang lebih rendah, dan kemampuan untuk mencapai area yang sulit atau terbatas.

Rope access digunakan dalam berbagai industri, termasuk konstruksi, perawatan bangunan, industri minyak dan gas, pembangkit listrik, pertambangan, film dan televisi, serta industri lainnya yang membutuhkan akses dan kerja di ketinggian atau area terbatas.

Keamanan dan keselamatan merupakan aspek penting dalam rope access, dan pekerja yang terlibat harus menjalani pelatihan yang komprehensif dan mematuhi prosedur keselamatan yang ditetapkan. Sertifikasi dari organisasi seperti IRATA (Industrial Rope Access Trade Association) atau SPRAT (Society of Professional Rope Access Technicians) seringkali diperlukan untuk menunjukkan kompetensi dalam rope access.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan menggunakan peralatan yang tepat, rope access dapat dilakukan dengan aman dan efektif, memungkinkan pekerja untuk mengakses dan bekerja di area yang sulit dijangkau di ketinggian.

Apa tugas rope access

Tugas dalam rope access melibatkan akses, kerja, dan perawatan di area yang sulit dijangkau di ketinggian. Berikut adalah beberapa tugas yang umum dilakukan oleh pekerja rope access:

Pembersihan dan Perawatan Gedung:

Pekerja rope access dapat melakukan pembersihan dan perawatan gedung, termasuk membersihkan kaca gedung, membersihkan atau mengganti panel fasad, memperbaiki dan mengamankan fasad yang longgar, serta melakukan perawatan rutin pada struktur bangunan, termasuk kusen jendela, pelatuk, dan kelengkapan lainnya.

Inspeksi Struktural:

Rope access digunakan untuk inspeksi struktural pada bangunan, jembatan, menara, dan struktur lainnya. Pekerja rope access dapat mencapai area yang sulit dijangkau dengan cepat dan efisien untuk memeriksa kerusakan, keausan, retak, atau masalah lainnya pada struktur. Mereka dapat menggunakan peralatan seperti kamera, alat pengukur, atau alat deteksi untuk membantu dalam inspeksi.

Perawatan Industri:

Dalam industri seperti minyak dan gas, pembangkit listrik, dan industri lainnya, pekerja rope access dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan pada struktur-platform, menara bor, turbin angin, tangki penyimpanan, dan instalasi lainnya. Mereka dapat melakukan inspeksi, perbaikan, perawatan, atau instalasi peralatan dengan menggunakan metode rope access yang efisien dan fleksibel.

Pekerjaan Konstruksi:

Rope access digunakan dalam pekerjaan konstruksi di ketinggian atau area yang sulit dijangkau. Pekerja rope access dapat melakukan pemasangan struktur, perbaikan, pemeliharaan, atau pengecatan di bangunan, jembatan, menara, dan lokasi konstruksi lainnya. Metode rope access memungkinkan mereka untuk bekerja dengan efisien dan aman di area yang sulit dijangkau.

Penyelamatan dan Evakuasi:

Selain tugas perawatan dan konstruksi, pekerja rope access juga dilatih dalam teknik penyelamatan dan evakuasi. Mereka dapat memberikan bantuan dalam situasi darurat, seperti penyelamatan rekan kerja yang terjebak, evakuasi pekerja yang terperangkap di ketinggian, atau penanganan keadaan darurat lainnya di area yang sulit dijangkau.

Tugas-tugas dalam rope access dapat bervariasi tergantung pada industri, jenis pekerjaan, dan kebutuhan spesifik di lokasi kerja. Pekerja rope access harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat dalam teknik akses dan penggunaan peralatan keselamatan, serta mematuhi standar dan prosedur yang berlaku untuk menjalankan tugas dengan aman dan efektif.

 

Berapa gaji rope access

Gaji dalam bidang rope access di Indonesia juga dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti tingkat pengalaman, sertifikasi, jenis proyek, dan perusahaan yang mempekerjakan. Meskipun tidak ada data yang pasti untuk gaji rope access di Indonesia, berikut adalah perkiraan gaji yang dapat menjadi panduan:

  1. Level Dasar (Level 1): Pada tingkat ini, gaji pekerja rope access di Indonesia dapat berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulan, tergantung pada wilayah geografis dan kompleksitas pekerjaan.
  2. Level Menengah (Level 2): Pekerja rope access yang memiliki sertifikasi dan pengalaman tingkat menengah (Level 2) dapat mengharapkan gaji antara Rp 7.000.000 hingga Rp 15.000.000 per bulan.
  3. Level Tinggi (Level 3): Pada tingkat ini, gaji pekerja rope access dengan sertifikasi tingkat lanjutan (Level 3) dan pengalaman yang luas dapat mencapai Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000 per bulan.

Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanyalah perkiraan dan gaji aktual dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas. Selain itu, gaji dapat berbeda-beda antara perusahaan yang berbeda dan juga dapat dipengaruhi oleh permintaan pasar dan proyek yang sedang berjalan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang gaji dalam bidang rope access di Indonesia, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan berkonsultasi dengan perusahaan yang menyediakan jasa rope access di Indonesia atau dengan profesional di industri tersebut.

”The

Anwar Anwar adalah Penulis Konten SEO yang beralih karir dari latar belakang pendidikan Pemrograman Web, berspesialisasi dalam menulis topik teknis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
close
Banner iklan disini